Selasa, 08 Desember 2009

Perubahan Dalam Keseimbangan Dan Multiplier

Dari satu periode ke periode lainnya keseimbangan pendapatan nasional akan selalu mengalami perubahan. Dalam perekonomian dua sektor perubahan tersebut disebabkan karena perubahan dalam investasi. Perkembangan teknologi misalnya, akan menambah investasi dan investasi yang bertambah akan memindahkan pengeluaran agregat C + I ke atas. Maka keseimbangan pendapatan yang baru akan dicapai dan pendapatan nasional akan bertambah. Pengurangan investasi juga dapat berlaku, dan sekali lagi pengeluaran agregat C+I akan mengalami perubahan. kali ini akan turun ke bawah dan keseimbangan pendapatan nasional dicapai pada pendapatan nasional yang lebih rendah.
Nilai multiplier menggambarkan perbandingan di antara jumlah pertambahan pengurangan dalam pendapatan nasional dengan jumlah pertambahan pengurangan dalam pengeluaran agregat yang telah menimbulkan perubahan dalam pendapatan nasional tersebut.
Dalam perekonomian dimana pengeluaran agregat adalah penentu utama keseimbangan pendapatan nasional, kenaikan dalam tabungan yang seharusnya mewujudkan pengurangan dalam konsumsi dan pengeluaran/pembelanjaan agregat, akan merendahkan tingkat pendapatan nasioanal yang dicapai. Fenomena ini dinamakan paradoks berhemat.

Tidak ada komentar: